Haris Media official website | Members area : Register | Sign in
Maaf Blog Ini Sedang Dalam Proses Pengembangan

Fitra: Anggaran Bisa Ditekan Rp 6,2 M

Kamis, 11 Agustus 2011

Share this history on :

Semarang - Peneliti dari Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Jawa Tengah, Sabiq Al Fauzi, mengatakan, dana pelaksanaan Pilkada Kabupaten Cilacap Tahun 2012 dapat diturunkan lagi dari anggaran yang diusulkan KPU setempat.

Dari analisas tim Fitra dengan beberapa metode, dana tersebut bisa dihemat hingga Rp 6,2 miliar dari anggaran yang diajukan sebelumnya sekitar Rp 29 miliar.

Penurunan jumlah ini cukup signifikan, kata Sabig seraya menambahkan bahwa pihaknya menggunakan sejumlah metode seperti "trekking" yakni dengan mengamati seluruh pos anggaran.

Melalui metode itu, katanya, ada sejumlah pos anggaran yang masih bisa diturunkan mulai dari yang besar hingga terkecil misalnya biaya foto kopi.

"Dalam rencana anggaran belanja (RAB), KPU mengajukan anggaran foto kopi sebesar Rp 200 per lembar. Angka ini bisa diturunkan menjadi Rp 120 per lembar," katanya.

Selain itu, katanya pos anggaran untuk membayar gaji anggota KPU dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) juga dapat diturunkan lagi dengan melihat masa kerja efektif lembaga penyelenggara dan pelaksana pilkada itu.

Ia mengemukakan, masa kerja efektif anggota PPK hanya lima bulan dan anggota KPU hanya enam bulan, bukan delapan bulan seperti yang tercantum dalam RAB. "Berdasarkan wawancara yang kami lakukan dengan ketua KPU dan beberapa anggota PPK, masa kerja efektif mereka antara lima hingga enam bulan," katanya.

Penghematan anggaran pilkada akan membawa pengaruh besar terhadap masyarakat Cilacap karena dana tersebut berasal dari APBD yang ditujukan untuk pembangunan daerah. Akan tetapi, katanya, APBD Kabupaten Cilacap saat ini banyak tersedot untuk belanja rutin seperti gaji pegawai sehingga pos anggaran tersebut tidak bisa dikurangi untuk mendanai pilkada.

"Yang jelas tersedot adalah anggaran pembangunan yang pada akhirnya hak warga untuk mendapatkan perbaikan infrastruktur dan pelayanan publik dasar akan terkurangi," katanya. (Wahyudi)

Sumber : suarakarya-online.com
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : harismedia.net@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Posting Komentar